HotCopas.net

Unik, Ubur-Ubur Kuno Ini Berbentuk Seperti Alat Musik


Sebuah fosil unik kembali ditemukan oleh para arkeolog. Fosil ini adalah satu berbentuk bulat, lebih kecil daripada sebutir pasir, dan ketika diamati lebih detail menyerupai alat musik akordeon.

Awalnya, para peneliti bingung tentang fosil mikroskopis ini. Mereka menamainya Pseudooides yang artinya "telur palsu" karena kemiripannya dengan embrio binatang.

Selama bertahun-tahun, para peneliti mengira fosil berusia 537 juta tahun itu adalah embrio anthropoda, kelompok yang mencakup serangga, laba-laba, dan kepiting. Namun, pandangan baru mengungkapkan hal berbeda.

Penelitian terbaru menyebutkan bahwa fosil tersebut adalah nenek moyang ubur-ubur modern. Philip Donoghue, ahli paleobiologi dari University of Bristol di Inggris mengatakan bahwa fosil aneh ini merupakan embrio dari Pseudooides, moyang ubur-ubur modern yang berkembang dengan cara berbeda.

Tim penelitian tersebut menggunakan Swiss Light Source, sebuah akseerator partikel raksasa di Swiss untuk memasukkan sinar X ke dalam fosil tersebut. Sinar X ini digunakan untuk menggambarkan bagian dalam fosil unik tersebut.

Tak hanya menemukan bentuknya yang unik, Donoghue juga menemukan bahwa hewan kuno itu berkembang dengan cara yang sangat berbeda daripada ubur-ubur modern. Dia menjelaskan bahwa fosil yang diperkirakan berasal dari periode Kambria (sekitar 541-485 juta tahun lalu) itu, mampu memberitahu kita bagaimana embrio pada masa itu hidup.

0 Response to "Unik, Ubur-Ubur Kuno Ini Berbentuk Seperti Alat Musik"