HotCopas.net

5 Penemuan Yang Sulit Dimengerti Bahkan Oleh Ilmuwan Sekalipun


1. Efek placebo

Efek placebo adalah temuan menarik di dunia kesehatan. Ketika orang sakit diberikan pil kosong dan disugestikan akan sembuh, kondisi kesehatan pasien tersebut perlahan-lahan membaik. Namun, hasil percobaan yang dilakukan, ketika sugesti itu diberikan bersama dengan obat-obatan yang bekerja berlawanan dengan sugesti yang diberikan, efek itu pun hilang seketika. Ini membuktikan bahwa efek placebo bukan sekadar efek psikologis, melainkan juga merupakan sesuatu yang terkait dengan sistem biokimia dalam tubuh manusia. ( Baca Juga : Ukur Kemampuan Anda Memanfaatkan Potensi Diri )

2. Temperatur di bawah nol mutlak

Dahulu, banyak peneliti yang setuju bahwa tidak mungkin mencapai suhu di bawah nol absolut. Angka nol absolut adalah suhu terdingin yang bisa diraih. Namun, akhir tahun lalu, tim peneliti dari Max-Planck-Institute di Jerman mematahkan teori tersebut. Mereka berhasil mendinginkan gas atom hingga mencapai suhu -273,15oC. Namun, setelah berhasil, hingga kini tim peneliti belum mengetahui partikel yang didinginkan tersebut akan digunakan untuk apa. ( Baca Juga : Pengorbanan Sang Ibu Gurita )

3. Cold fusion dua atom

Terinspirasi hasil penelitian Fleischmann dan Pons di tahun 1989 yang menyatakan bahwa mereka berhasil mengamati peleburan dua atom di suhu ruangan, banyak peneliti fisika kuantum yang ingin menggalinya lebih dalam. Meski secara teoretis mungkin untuk dilakukan, pertanyaan selanjutnya, bagaimana memanfaatkan penemuan tersebut seandainya reaksi fusi itu berhasil dilakukan? Para peneliti pun bingung menjawabnya. ( Baca Juga : Konsep Perjalanan Waktu dan Teori Relativitas Einstein )

4. Semesta lebih ringan dari dugaan

Fakta ini terungkap dari hasil penghitungan yang dilakukan oleh para fisikawan sejak tahun 1970-an yang menantang diri mereka untuk mengukur bobot alam semesta. Dari berbagai penghitungan yang dilakukan, hasilnya selalu menunjukkan bahwa galaksi yang kita tempati bobotnya lebih ringan dari apa yang mereka perkirakan, untuk dapat terus bergerak pada orbitnya. Peneliti menduga ada hal lain yang tidak tampak oleh mata yang terdapat di galaksi kita. Dari pemikiran inilah muncul istilah "dark matter". Namun masalahnya, sejak 40 tahun yang lalu, belum ada yang bisa membuktikan keberadaan hal tersebut.

0 Response to "5 Penemuan Yang Sulit Dimengerti Bahkan Oleh Ilmuwan Sekalipun"