HotCopas.net

Asteroid Mengintai Bumi, Umat Manusia Terancam Musnah?


Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA membuat pengumuman penting. Sebuah Asteroid 2002 AJ129 dikabarkan akan melintas dekat Bumi, tepat pada Minggu 4 Februari 2018.

Saat berpapasan dengan Bumi, asteroid tersebut hanya berjarak sekitar 4,1 juta kilometer dari Bumi, atau 10 kali antara jarak Bumi dengan Bulan.

AJ129 sudah diteliti selama 14 tahun dan telah diketahui lintasan orbitnya. Akankah asteroid itu menabrak Bumi dan menciptakan bencana besar?

Manajer Pusat Penelitian Obyek Dekat Bumi Laboratorium Jet Propulsi NASA, Paul Chodas menegaskan, kalau AJ129 tidak akan menghantam Bumi, meskipun jarak batu antariksa melintas itu memang dekat dengan Bumi. "Menurut perhitungan kami tidak ada peluang sama sekali Asteroid 2002 AJ129 menabrak Bumi, baik pada tanggal 4 Februari maupun sampai 100 tahun mendatang," ungkapnya, dikutip dari situs Metro, Kamis 25 Januari 2018.

Namun, ada pendapat yang berbeda. Peneliti dari Pusat Penelitian Atmosfer Nasional di Colorado, Amerika Serikat, Charles Bardeen mengatakan, batuan luar angkasa dengan luas lebih dari satu kilometer mampu membuat kebakaran hutan akibat membuang debu dan abu dalam jumlah besar ke udara.

Selain itu, sisa-sisa batu antariksa itu tetap 'menempel' pada atmosfer selama 10 tahun, sehingga akan menghalangi sinar Matahari. "Skenario terburuk ini bisa membuat suhu di Bumi turun dan kemungkinan besar sektor pertanian akan mengalami gagal panen selama bertahun-tahun," katanya, mengingatkan.

0 Response to "Asteroid Mengintai Bumi, Umat Manusia Terancam Musnah?"