HotCopas.net

Bakteri Menjadi Sumber Tenaga Pembangkit Listrik, Penemuan Revolusioner Dan Keren


Mengingat cepatnya perkembangan teknologi di zaman modern ini membuat begitu banyak penemuan-penemuan mutakhir. Berbagai hal sudah ditempuh para ilmuwan untuk mencari energi alternatif. Baru-baru ini, para ilmuwan sedikit mendapat titik terang atas penelitiannya terhadap bakteri. Dilansir dari The Verge, bakteri bisa direkayasa untuk memproduksi arus listrik. Tentu jika munculnya dari bakteri, arus listrik itu takkan besar. Namun ilmuwan menyatakan bahwa hal tersebut bisa digunakan untuk membersihkan air dalam proses pengelolaan air limbah. ( Baca Juga : 10 Api Abadi di Dunia )

Dari studi yang dipublikasikan di jurnal Chem, beberapa bakteri bisa memunculkan arus listrik secara natural, karena itu adalah bagian dari metabolisme mereka. Hal ini muncul dari protein khusus yang ada dalam membran sel mereka, di mana hal ini digunakan untuk beradaptasi untuk hidup di lingkungan yang ekstrem. Untuk memanfaatkan arus listrik alami tersebut, para ilmuwan mencoba untuk merekayasa molekul yang bisa disematkan dalam bakteri. Molekul rekayasa ini bernama DFSO+ yang mengandung atom metal. Selanjutnya, molekul ini dimasukkan ke dalam bakteri yang bernama Shewanella oneidensis. ( Baca Juga : Beberpa Istilah Dalam Bahasa Jepang yang Sering Salah Penggunaannya )

Molekul sintetis ini akan masuk ke dalam membran sel dan mulai berinteraksi dengan bakteria tersebut untuk memproduksi arus listrik dengan menggunakan atom metal tersebut. Percobaan ini telah berasil di beberapa bakteri S. oneidendis. Bakteri tersebut menerima mineral logam dan elektroda untuk bisa menghasilkan listrik. Namun karena mereka biasa hidup di daerah tanpa oksigen, aplikasi mereka terhadap produksi listrik natural ternyata lebih terbatas.

Dengan ini, para ilmuwan cukup optimis untuk bisa membuat berbagai macam bakteri yang bisa menghasilkan listrik yang bermanfaat di masa depan. Hal ini merupakan langkah awal, di mana pengembangannya masih hanya bisa untuk membersihkan air limbah pabrik di mana bakteri tersebut hidup. Metode ini pun lebih murah ketimbang berbagai energi alternatif lain. Oleh karena itu peluang untuk menjadikan hal ini teknologi listrik yang efektif di masa depan masih terbuka lebar.

0 Response to "Bakteri Menjadi Sumber Tenaga Pembangkit Listrik, Penemuan Revolusioner Dan Keren"