HotCopas.net

Belajar Sejarah Ternyata Banyak Gunanya! Apa Saja?


Banyak yang bilang, masa lalu sebaiknya dilupakan saja. Padahal, masa lalu banyak gunanya buat kita. Kalau nggak belajar dari masa lalu, bisa-bisa di masa depan kesalahan yang sama akan terulang lagi. Untuk itulah, ilmu Sejarah ada. Sejarah bisa memberikan gambaran dan menjadi pedoman bagi suatu bangsa untuk melangkah dari kehidupan masa kini ke masa yang akan datang. Kalau masing-masing warga dalam suatu bangsa punya kesadaran tentang sejarah, bangsa itu akan menjadi semakin bijak.

Nah, kalau buat pelajar, kira-kira apa ya kegunaan ilmu sejarah?

1. Kegunaan edukatif

Memberi pelajaran berdasarkan peristiwa atau pengalaman masa lampau. Mendidik orang yang mempelajari sejarah agar lebih berhati-hati dalam melangkah. Keberhasilan di masa lalu akan bisa jadi pelajaran untuk masa sekarang. Kesalahan masa lalu juga akan jadi pengingat agar nggak mengulangi hal yang serupa.

2. Kegunaan inspiratif

Memberi ilham sehingga menumbuhkan motivasi untuk melakukan yang lebih baik. So, nggak ada salahnya mencari inspirasi dari masa lalu. Misalnya keberhasilan Kerajaan Majapahit yang bisa memberi motivasi tentang kerja keras, persatuan dan kejujuran. Jika sifat-sifat itu dimiliki semua orang, maka bangsa kita akan jauh lebih sukses dari sekarang.

3. Kegunaan rekreatif 

Memberi kesenangan, pengalaman, dan pengetahuan tanpa harus beranjak dari tempat. Dengan kata lain, sejarah bisa menjadi hiburan tersendiri untuk orang yang mempelajarinya. Contoh dalam fungsi ini adalah kebahagiaan orang-orang saat melihat peninggalan sejarah seperti misalnya Taj Mahal.

Dengan mempelajari sejarah, kamu akan jadi lebih bijaksana dalam menatap masa depan. Tiga kegunaan itu bisa kamu dapatkan jika saat mempelajari sejarah kamu selalu bersabar dan mau mengembangkan rasa ingin tahumu.

0 Response to "Belajar Sejarah Ternyata Banyak Gunanya! Apa Saja?"