HotCopas.net

Bruce McCandless II, Manusia Pertama Yang Meluncur Ke Angkasa Luar


Pada tanggal 7 Februari 1984, astronot NASA Bruce McCandless II menjadi manusia pertama yang terbang bebas di angkasa luar. Kala itu, ia sedang menguji Manned Maneuvering Unit (sebuah unit propulsi astronot yang digunakan oleh NASA pada tiga misi Space Shuttle pada tahun 1984) selama misi angkasa luar STS-41B. Menurut History, tubuh Bruce dihempaskan ke langit luas oleh 24 pendorong bertenaga nitrogen, yang membawanya sejauh 320 kaki atau 98 meter dari pengorbit Challenger. ( Baca Juga : Pelabuhan Antariksa Komersial Pertama di Dunia )

Kecepatannya saat itu bisa mencapai lebih dari 17,500 mil per jam. Demikian Today in History Liputan6 pada Rabu (7/2/2018). Mesin tersebut merupakan ciptaan Bruce sendiri, berwarna serba putih dan berbentuk seperti kursi. Meski terbilang sederhana, rocket pack bertenaga jet itu mampu menemani Bruce selama 1,5 jam untuk menikmati keindahan Bumi dari langit yang gelap. ( Baca Juga : 20 Dari Fenomena Astronomi Paling Menakjubkan Tentang Alam Semesta )

Sedangkan pengorbit Challenger berada di atas Bumi dengan jarak 217 mil atau 350 kilometer. Lalu, apa yang membuat Bruce berani mengambil resiko berbahaya itu? Bruce McCandless adalah seorang mantan kapten Angkatan Laut Amerika Serikat. Saat misi itu, usianya telah menginjak 46 tahun. Bisa bergabung dengan tim tersebut membuat Bruce ingin melakukan hal baru.

Selama misi STS-41B, Bruce dan rekan satu timnya, Robert Stewart, menguji MMU selama dua periode Extravehicular Activity (EVA). Unit ini nantinya akan digunakan pada dua misi pesawat ulang-alik untuk mengambil dan memperbaiki satelit yang tidak berfungsi.

0 Response to "Bruce McCandless II, Manusia Pertama Yang Meluncur Ke Angkasa Luar"