HotCopas.net

Inilah Asal Usul Kata 'ROGER' Yang Sering Diucapkan Pilot


'Roger that' seringkali terdengar dalam penerbangan. Kode pilot satu ini sudah ada sejak pesawat mulai digunakan. Ternyata ini asal-usulnya. Diintip detikTravel dari berbagai sumber, Selasa (6/2/2018) kode 'roger' seringkali terdengar di penerbangan. Salah satu cara berkomunikasi, roger memiliki arti bahwa pesan sudah sampai. Menurut catatan sejarah dari Wonderful Engineering, selama penerbangan pertama Orville dan Wilbur Wright, mereka menggunakan suar, sinyal tangan dan bantalan berwarna untuk berkomunikasi saat pesawat berada di udara. ( Baca Juga : Nasib Bandara Hantu: Biaya Rp 1,4 Triliun,Dilego Rp 140 Juta )

Seiring kemajuan teknologi, pilot mulai menggunakan kode morse untuk berkomunikasi. Kemudian pada tahun 1915 transmisi suara dari udara ke darat menjadi mungkin. Kode yang telah diterima akan diberi isyarat dengan huruf R dalam kode morse. R sendiri merupakan singkatan dari Received atau diterima. ( Baca Juga : Pesawat Ini Berbahan Dasar Serat Ganja )

Namun saat beralih ke radio, kata Received akan terdengar sulit dan seringkali salah tangkap. Apalagi untuk pilot-pilot yang tidak mengerti bahasa inggris.  Untuk menghindari hal tersebut, akhirnya kata 'Roger' menjadi kode bahwa pesan telah diterima. Hal ini telah ditetapkan oleh International Telegraph Union pada tahun 1927.

Kode ini kemudian mulai digunakan dengan baik sebagai bagian dari bahasa penerbangan internasional. Pilot juga menggunakan kode ini selama Perang Dunia II lho!

0 Response to "Inilah Asal Usul Kata 'ROGER' Yang Sering Diucapkan Pilot"