HotCopas.net

Jangan Panik Saat Browsing Muncul Peringatan 'Your Phone Has Virus'


Pernahkah mengalami, saat sedang enak-enak browsing, kemudian muncul notifikasi peringatan. Dalam notifikasi yang muncul berbentuk pop-up itu menyebutkan ponsel anda memiliki banyak virus di dalamnya.

Kurang lebih, begini notifikasinya, "WARNING: Your phone has (13) Virus. The virus maybe dangerous. Please follow the instruction to remove the virus”. Seperti halnya menghadapi kendala serupa di smartphone, yang harus kita lakukan pertama kali adalah jangan panik. Pasalnya, notifikasi itu merupakan iklan yang dibuat untuk menakut-nakuti, atau biasa disebut scareware.

Scareware memanfaatkan ketakutan pemilik smartphone untuk melakukan apa yang mereka perintahkan, yakni mengklik link yang diberikan untuk kemudian diarahkan membeli sesuatu, entah antivirus, aplikasi yang tak berguna, sampai barang. Namun, ada juga yang menyisipkan virus di dalam barang jualan mereka.

Selama kita tidak mengklik apapun, dan tidak melakukan apa yang diperintahkan, semua masih aman. Jika Anda tidak panik, itu lebih bagus lagi. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini agar smartphone Anda aman.

1. Jangan pencet OK

Jika mengklik OK, maka sudah pasti Anda akan dipaksa untuk mendownload secara otomatis. Oleh karena itu, pencet saja home button agar browser tertutup.

2. Forcestop

Buka Pengaturan lalu Manajemen Aplikasi. Klik browser apps, lalu pencet Forcestop

3. Clear cache

Buka Pengaturan, cari Manajemen Aplikasi, pilih web browser yang tadi disambangi notifikasi scareware, sentuh tulisan Clear Cache untuk membersihkan jejak url dan notifikasi tersebut agar tak muncul kembali.

Gampang kan?

0 Response to "Jangan Panik Saat Browsing Muncul Peringatan 'Your Phone Has Virus'"