HotCopas.net

Mungkinkah Leondardo Da Vinci Melukis Lukisan "Mona Lisa Telanjang"?


Sejak tahun 1862 silam, lukisan arang yang dikenal sebagai "Monna Vanna" atau "Mona Lisa Telanjang" telah menghuni Condé Museum, di dalam istana Chantilly, di utara Paris. Lukisan perempuan semi telanjang dengan senyum misterius yang sangat mirip dengan Mona Lisa tersebut, diyakini sebagai karya salah satu murid Leonardo da Vinci sejak abad ke-20. Akan tetapi, hasil pengujian awal yang dilakukan baru-baru ini di Louvre Museum, membuat para ahli berpikir bahwa lukisan tersebut mungkin digambar oleh Leonardo. ( Baca Juga : Mengenal Orang Chinchorro, Pakar Mumi )

Mathieu Deldicque, kurator di Condé Museum mengatakan bahwa kesimpulan tersebut diperoleh berdasarkan beberapa kemiripan yang ditemukan pada lukisan Mona Lisa dan Monna Vanna. Sosok perempuan dalam lukisan tersebut diyakini menggambarkan Lisa Gherardini, istri seorang pedagang yang sukses.  Kemiripan paling menonjol antara kedua lukisan tersebut ialah senyum misterius nan familiar yang tertinggal di atas dagu lancip sang perempuan yang menjadi subjek. Selain itu, cara Mona Lisa dan Monna Vanna memegang tangan mereka benar-benar mirip. ( Baca Juga : Seni Ampas Kopi, Karya Anak Bangsa Keren Banget! )

Hal lain yang mencuri perhatian para peneliti ialah fakta bahwa lukisan Monna Vanna dibuat pada periode yang sama dengan Mona Lisa, yakni selama masa hidup da Vinci. Analisis juga menunjukkan bahwa kertas yang digunakan untuk melukis kedua lukisan tersebut berasal dari daerah yang sama, yaitu area antara Venesia dan Firenze di Italia. Deldicque mengatakan bahwa meskipun menarik membayangkan lukisan arang ini dibuat oleh Leonardo, masih banyak tes yang harus dilakukan.

Para ahli berencana untuk melanjutkan analisis sebelum mengembalikan lukisan tersebut ke Museum Condé. Lukisan tersebut rencananya akan ditampilkan pada sebuah pameran khusus yang menandai 500 tahun wafatnya da Vinci pada tahun 2019 mendatang. Meskipun para ilmuwan mungkin telah mengungkapkan kesimpulan awal tentang "Mona Lisa Telanjang", pada akhirnya, Deldicque mengatakan bahwa ia ingin tetap merahasiakannya untuk pameran tersebut.

0 Response to "Mungkinkah Leondardo Da Vinci Melukis Lukisan "Mona Lisa Telanjang"?"