HotCopas.net

Terungkap, Manisnya Bisnis Gelap Korea Utara Di Mozambik


Secara diam-diam, Korea Utara diketahui meraup untung dari alih strategi dan teknologi militer kepada Mozambik, tulis laporan panjang hasil penelusuran CNN sejak 2015. Dilansir dari laman CNN pada Minggu (4/2/2018), Korea Utara dilaporkan telah melatih pasukan elit Mozambik secara intensif selama dua tahun terakhir. ( Baca Juga : Karena Film, 7 Orang Ini Melakukan Kejahatan Mengerikan )

Laporan tersebut menyatakan bahwa teknologi dan kemampuan perang Mozambik telah diperkuat oleh bantuan Korea Utara. Hal itu dilakukan untuk mendukung upaya penumpasan kelompok pemberontak di utara Mozambik, yang terus berlangsung selama bertahun-tahun. Hugh Griffiths, ketua penyelidik Panel Ahli PBB, mencatat sejumlah kerja sama ilegal telah dilakukan oleh Korea Utara dan beberapa negara di dunia, termasuk Mozambik. ( Baca Juga : Negara-Negara Yang Sulit Bagi Kaum Perempuan )

Menurut Griffiths, kerja sama militer tersebut cenderung berfokus pada penjualan berbagai jenis rudal, radar militer, sistem pertahanan udara, dan senjata perang. Laporan terkait juga sempat menduga hubungan militer dengan Mozambik bernilai setidaknya US$ 6 juta, atau sekitar Rp 80,5 miliar, selama tahun 2017 lalu.

Nilai transaksi itu diduga kuat dikelola oleh badan dagang rahasia Korea Utara berjuluk Office 39, melalui sebuah perusahaan perwakilan dengan nama Haegeumgang. Perusahaan ini diketahui tidak hanya beroperasi di Mozambik, melainkan juga di beberapa negara Afrika lain, seperti Swaziland dan Zimbabwe. Komoditi yang ditawarkan oleh perusahaan ini adalah alat dan teknologi militer yang berharga lebih murah, karena merupakan pengembangan teknologi di era Soviet.

Perdagangan militer yang menyalahi sanksi terhadap Korea Utara itu diminati oleh beberapa negara konflik di Afrika karena tiga hal, yaitu kemudahan transaksi melalui pasar gelap, tawaran harga yang murah, dan bonus alih strategi perang melalui latihan militer secara berkala. Sementara bagi Korea Utara, keuntungan materi dari bisnis terkait bisa digunakan untuk meningkatkan program nuklir dan misil jarak yang tengah dibangun.

0 Response to "Terungkap, Manisnya Bisnis Gelap Korea Utara Di Mozambik"