HotCopas.net

7 Julukan Populer Untuk Garut

Garut adalah nama sebuah daerah di Provinsi Jawa Barat. Mari kita mengenal daerah Garut :

1. Garut Swiss van Java


Julukan Garut Swiss van Java atau Swissnya Jawa mulai popular sekitar awal abad ke-20. Saat itu, Garut dikenal sebagai tujuan wisata yang paling menarik di dunia. Banyak orang besar datang ke Garut untuk berlibur. Hotel-hotel mewah didirikan, tempat-tempat wisata dikelola dan dikembangkan dengan baik. Buku-buku petunjung (guide) perjalanan dicetak dengan mewah dan agen-agen traveling giat mempromosikan usahanya. Didepan statsion Garut, juga didirikan “Tourist Bureau” untuk melayani para pelancong. Garut juga memiliki panorama alam yang keindahannya tak kalah mengagumkan. Pemandangan pegunungan terhampar luas di Garut. Udaranya sejuk, serta suasana kota yang asri semakin menambah kenyamanan Kota ini. Garut yang permai, digambarkan dalam Encyclopedie van Nederlands-Indie (Ensiklopedia Hindia-Belanda) terbitan tahun 1917.
… Garut adalah salah satu tempat terindah di Jawa dengan iklim nyaman (tinggi 700m) dengan lingkungan yang sangat indah, tempat pesiar yang sangat disukai orang Batavia yang banyak datang di musim kemarau. Menikmati wisata ke Cikuray, Papandayan, Talaga Bodas, Danau Bagendit, dan sebagainya. Garut banyak juga dikunjungi orang asing.

Baca Juga :
18 Fakta Yang Akan Mengubah Pandangan Agan Tentang Sejarah Titanic
Apakah Hal-Hal Ini yang Biasa Kamu Lakukan Saat Ketemu Temen Lama ?
Inilah Deretan Film-Film Indonesia yang Menorehkan Sejarah!

2. Mooi Garoet
Mooi Garoet atau Garoet Mooi, adalah ungkapan kekaguman, seperti halnya Mooi Indie. Apa yang patut dikagumi dari Garut ?. Mooi Garoet berarti Garut yang Elok. Ini adalah pujian klasik zaman kolonial pada kepermaian alam tanah jajahannya. Bukan hanya karena tanahnya yang subur, tetapi juga pada panoramanya yang indah. Garut, merupakan salah satu daerah yang dianggap layak untuk menadapat pujian itu, karena keindahan alamnya bukan alang kepalang.

3. Garut Pangirutan


Lahirnya Idiom Garut Pangirutan memang bukan basa-basi. Banyak selebritis Dunia sengaja datang ke Garut untuk plesiran. Diantaranya Charlie Chaplin, artis film bisu dari Hollywood yang saat itu sangat mashur. Charlie Chaplin berkunjung ke Garut pada tahun 1928. Karena didatangi banyak turis, Garut menjadi tempat pertemuan orang-orang dari berbagai benua. Suasana seperti ini direkam oleh S. Ahmad Abdullah Assegaf dalam novel Fatat Garut (Gadis Garut) yang terbit pada tahun 1979 dalam bahasa Arab. Memasuki jaman revolusi, Kota Garut ,mengalami banyak kehancuran. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengembalikan pariwisata Garut seperti dulu. Tapi, masa-masa Garut Pangirutan belum tertandingi hingga saat ini.

4. Garut Kota Intan


Berbagai penderitaan akibat perang sedikit terobati ketika pada tanggal 8 Desember 1960 Presiden Soekarno berkunjung ke Garut. Saat itu Garut dipimpin oleh Bupati Gahara Widjajasoeria. Pada kunjungannya itu, Soekarno merestui Kota Garut diujuluki sebagai Kota Intan. Julukan itu bukan tanpa alasan, karena Kota Garut saat itu sangat bersih dan asri, bahkan termasuk kota terbersih di Indonesia. Itulah buah dari kepemimpinan Bupati Gahara yang secara telaten menjaga kebersihan kota, sehingga masyarakat iktu terpanggil dan sering melakukan kerja bakti tanpa harus diperintah. KOTA INTAN dapat diartikan Kota Indah, Tertib, Aman, Nyaman.

5. Garut Gurilaps


Garut sejak dahulu dikenal memiliki banyak obejek wisata. Banyaknya tempat wisata di Garut, melahirkan julukan Garut GURILAPS (basa Sunda artinya Gemerlap). Bisa dikatakan Garut memiliki objek wisata yang lengkap, dari wisata alami hingga wisata buatan. Mulai dari wisata Gunung, seperti Gunung Guntur, Cikuray, Papandayan dan Talaga Bodas. Wisata Rimba seperti Hutan Sancang. Wisata Laut dan Pantai seperti Santolo, Pameungpeuk, Rancabuaya, Sayangheulang dan lain sebagainya. Wisata Seni dan Budaya seperti Candi Cangkuang, Kampung Dukuh, Makam Godog, Adu Domba dan berbagai macam kesenian dan budaya Garut lainnya. Sehingga GURILAPS merupakan singkatan dari GUnung, RImba, LAut dan Pantai, Seni budaya. Selain itu tempat wisata lainnya yang popular antara lain Wisata Cipanas dan Darajat. Dimana disana terdapat sumber air panas alami.

6. Garut Kota Dodol


Siapa yang tidak mengenal Dodol Garut, cemilan manis dan legit ini merupakan makanan khas dari Garut. Kepopuleran Dodol Garut telah sampai ke Mancanegara. Jika datang ke Garut, dodol merupakan buah tangan yang wajib dibawa. Sejatinya dodol Garut banyak ragamnya. Ada dodol ketan, dodol kacang, dodol buah-buahan, ada pula angleng. Jika dodol ketan dan buah-buahan dibungkus dengan kertas minyak atau plastic, maka dodol angleng dan kacang dibungkus dengan daun jagung kering. Berbagai macam panganan dodol itu bisa ditemui di toko-toko atau penjual oleh-oleh khas Garut. Sehingga tidak salah jika Garut disebut sebagai Kota Dodol.

7. Garut Kota Domba
Domba Garut merupakan hewan khas Garut. Hewan ini dalam nama latin bernama ovis aries. Domba Garut merupakan campuran perkimpoian dari domba local dengan domba jenis capstaad dari Afrika Selatan dan domba merino dari Autralia. Dari ketiga jenis domba itulah maka lahir varietas baru yang kemudian disebut Domba Garut. Penampilannya â€" dalam bahasa Sunda disbeut tagog - begitu gagah dan penuh keberanian, namun tetap kalem dan berwibawa. Tidak heran jika Domba Garut lebih banyak dimanfaatkan untuk hobi atau domba adu, dari pada menjadi ternak peliharaan biasa. Harga domba Garut bisa mencapai ratusan juta rupiah.

0 Response to "7 Julukan Populer Untuk Garut"