HotCopas.net

Arti Perbedaan Letak Kancing Baju Pria Dan Baju Wanita


Terkuak, misteri perbedaan letak kancing baju antara pria dan wanita. Kemeja pria dan wanita banyak memiliki perbedaan, antara lain bentuk pinggangnya, bentuk sisi luar lengannya, bentuk bagian bawahnya, termasuk letak kancing bajunya. Umumnya, kancing baju pada kemeja wanita terletak di sebelah kiri, sedangkan kancing baju kemeja pria ditempatkan di sebelah kanan. Misteri perbedaan letak kancing baju pada pakaian pria dan wanita diyakini berpedoman pada cara wanita kelas menengah dan atas di Eropa. ( Baca Juga : Inilah 7 Manfaat Mandi Pagi )

Semasa Era Victoria dan Renaisans, ornamen pakaian wanita dianggap lebih rumit dan detail, misalnya gaun yang disematkan bustle (rangka untuk rok wanita), korset, dan petticoat atau pakaian dalam. Orang-orang kaya sering membuat pakaiannya sendiri. Anggota keluarga perempuan biasanya memiliki pembantu yang menolong mereka saat berpakaian. ( Baca Juga : 7 Aksi Gila Para Fans Sepakbola Dunia )

Agar memudahkan pelayan ketika mengaitkan kancing baju dengan benar, penjahit kala itu mungkin sudah mulai menjahit kancing di sisi kiri. Cepat atau lambat, saat pakaian diproduksi massal, kancing pakaian wanita terus diletakkan di sisi kiri dan menjadi standar tukang jahit. Untuk pria, kancing baju biasanya diletakkan di sisi kanan. Konon, ini berawal dari cara berpakaian pria saat perang. Baju zirah atau seragam militer mereka telah diisyaratkan demikian.

Menurut Helmut Nickel, penulis "The Art of Chivalry: European Arms and Armor from the Metropolitan Museum of Art", "Untuk memastikan bahwa titik tombak musuh tidak menembus di antara tameng, kancing baju dijahit saling tumpang tindih dari sisi kiri ke kanan. Ini menjadi standar latihan bertempur." "Dengan demikian, kancing jaket pria selalu ditempatkan di sisi kanan, bahkan hingga saat ini," tulis Nickel, seperti dilansir The Vintage News, Selasa 20 Februari 2018.

Karena tentara laki-laki juga sering menarik pelatuk senjata mereka dengan tangan kanan, meletakkan kancing baju di sisi kanan akan memudahkan mereka ketika membuka baju, setidaknya bisa menyesuaikan diri dengan tangan kiri. Meski demikian, sejarawan sekalipun belum ada yang tahu pasti asal muasal penempatan kancing baju pria dan wanita.

0 Response to "Arti Perbedaan Letak Kancing Baju Pria Dan Baju Wanita"