HotCopas.net

Bagaimana Jika Manusia Tidak Pernah Ke Luar Rumah?


Apa jadinya jika manusia tidak pernah keluar rumah? Akhir pekan, biasanya manusia malas untuk ke luar rumah. Mereka lebih memilih tinggal menonton televisi atau sekadar memuaska tidur. Itu hanya di akhir pekan. Namun apa yang terjadi jika manusia sama sekali tidak pernah keluar rumah dan selalu di dalam ruangan tertutup? ( Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Burung Hantu yang Ternyata Tidak Menakutkan )

Dalam buku ASAP Science, Mitchell Moffit dan Greg Brown mengatakan, manusia akan kehilangan asupan vitamin dari matahari jika selalu berada di ruangan tertutup. Kurangnya vitamin matahari, atau vitamin D yang akan berakibat pada penurunan mineralisasi tulang dan menimbulkan penyakit osteoporosis. "Manusia juga akan mengalami fungsi kekebalan tubuh. Malah ada bukti yang menunjukkan vitamin D mampu mencegah kanker, penyakit jantung dan depresi," tulis Moffit. ( Baca Juga : 8 BINATANG TERBESAR DI DUNIA )

Hal ini sekaligus menjelaskan perilaku orang yang tinggal di wilayah dua musim, yang kerap mengalami 'winter blues' saat musim dingin datang. Winter blues merupakan kondisi di mana orang mengalami depresi atau mood yang tidak stabil. "Vitamin yang dipancarkan matahari akan mengubah kolesterol dalam tubuh dan memodifikasinya menjadi molekul baru. Molekul baru itu berjalan melalui aliran darah menuju hati, lalu diubah lagi dan masuk ke ginjal untuk diaktifkan secara biologis. Vitamin D aktif bekerja menyerap kalsium sehingga menumbuhkan kekuatan tulang," jelas Moffit.

Namun menurut Moffit, dampak berada di luar rumah tidak hanya itu. Banyak penelitian menunjukkanberada di alam dapat mempengaruhi mental dan fisik tubuh. Bahkan, saat melihat pemandangan alam, otak manusia akan lebih merasakan stabilitas, menimbulkan empati dan cinta.

0 Response to "Bagaimana Jika Manusia Tidak Pernah Ke Luar Rumah?"