HotCopas.net

Cara Mengetahui Gejala Stroke Dengan Test Sederhana


Apa itu Stroke ? Stroke adalah kondisi berubahnya fungsi otak karena adanya hambatan atau pecahnya pembuluh darah. Tanpa adanya suplai darah dan oksigen yang cukup, sel-sel dari bagian otak yang terserang mengalami kematian. Hal ini menyebabkan terjadinya perubahan kemampuan pasien untuk berfungsi secara normal. Tingkat keparahan stroke yang terjadi tergantung pada tingkat kerusakan otak. Stroke kadang-kadang disebut sebagai “serangan otak” untuk membedakannya dari serangan jantung, yang merupakan kondisi serupa yang terjadi di jantung bukan otak. ( Baca Juga : Hentikan Kebiasaan Buruk Pengguna Komputer yang Tidak Sehat )

Para peneliti yang berasal dari Pusat Genomic Medicine di Kyoto University Graduate School of Medicine menemukan tes sederhana untuk mengetahui apakah orang tua menderita stroke atau tidak, yaitu dengan mengangkat satu kaki selama 20 detik. Penelitian yang telah diterbitkan ke dalam American Heart Association melibatkan 841 responden wanita dan 546 responden pria dengan usia rata-rata 67 tahun. Setelah para peserta berdiri dengan satu kaki, otak mereka pun segera diperiksa. ( Baca Juga : Jangan buang biji buah kurma, Banyak Manfatnya )

Hasilnya, sebagian dari mereka diketahui memiliki risiko yang lebih tinggi untuk meninggal dunia dalam beberapa tahun ke depan.

Seperti diketahui, stroke terjadi ketika pasokan darah ke bagian otak masing-masing individu terganggu atau berkurang, di mana merampas jaringan oksigen di otak dan nutrisi. Dalam beberapa menit, sel-sel otak mulai mati. Salah seorang peneliti, Profesor Yasuharu Tabara, mengatakan, "Penelitian kami menemukan bahwa kemampuan untuk menyeimbangkan berdiri dengan satu kaki adalah tes penting untuk kesehatan otak."

Lebih lanjut dia menjelaskan, bila diketahui ada individu yang tidak dapat melakukan tes tersebut, menandakan kalau dia harus mendapatkan perhatian yang lebih, karena kemungkinan besar berisiko menderita penyakit otak dan penurunan secara kognitif.

"Berdiri satu kaki adalah ukuran sederhana terhadap ketidakstabilan postural dan mungkin menjadi konsekuensi dari kelainan otak," kata dia menerangkan seperti dikutip dari Daily Mail.

0 Response to "Cara Mengetahui Gejala Stroke Dengan Test Sederhana"