HotCopas.net

Melukis Permukaan Latte Dalam Seni Menyajikan Kopi ( Latte Art )

Seni latte adalah cara menyiapkan kopi dengan menuangkan susu panas ke gelas espresso dan menciptakan pola atau desain di permukaan latte. Selain itu bisa langsung dengan "menggambar" di lapisan atas busa. Seni latte sulit dibuat secara konsiste, karena dibutuhkan kondisi yang tepat antara espresso dan susu. Hal ini dibatasi pula oleh pengalaman barista dan kualitas mesin espressonya. Tuangan itu sendiri kemudian menjadi tantangan terakhir bagi para seniman latte. Yuk kita lihat jenis-jenis dan macam-macam latte art :

1. Latte Art



Membuat latte art membutuhkan kecermatan. Syarat penting dalam membuat latte art adalah latte (susu) yang dimasukkan haruslah dalam kondisi panas. Kondisi panas itulah yang menimbulkan foam (busa) yang bisa dikreasikan menjadi ilustrasi yang menarik. Agan bisa menggambar latte art secara manual menggunakan tusuk gigi atau mesin khusus.

2. 2D Latte Art




Latte art dalam bentuk 2D dapat digambar secara manual ataupun mesin. Para pemula bisa menggambar bentuk sederhana dengan menuangkan latte perlahan-lahan membentuk suatu gambar sederhana. Di Jepang, latte art telah berkembang dengan banyaknya gambar anime yang dilukis secara manual. Selain itu, ada juga latte art yang bergambar manusia atau hewan yang mirip aslinya. Keren sekali ya!

Baca Juga :
Sekecil Apapun Bentuk Kebaikannya, Akan Membuat Hidup Kita Lebih Berarti
Mengenal Ragam Corak Batik Tiap Propinsi di Indonesia
Merasa Tua Untuk Memulai Bisnis? Coba Baca Dulu Kisah Mereka

3. Coloured Latte Art




Latte art kini dapat dinikmati dengan warna! Teknik ini pertama kali diperkenalkan oleh seniman Latte Art Jepang, Nowtoo Sugi. Dia menggunakan sirup sebagai pewarna dalam karya-karyanya. Minasan bisa melihat karya-karya Nowtoo Sugi yang unik, mulai dari Kartun Disney sampai karakter-karakter Anime Jepang.

4. 3D Latte Art




3D latte art membutuhkan teknik tingkat tinggi dan kecepatan. Teknik ini menggunakan busa untuk kemudian dibentuk menjadi karakter yang kita inginkan. Setelah bentuknya sesuai keinginan, barulah kita menggambar detail-detail yang diperlukan dalam waktu cepat. Selain dapat dikerjakan dengan manual, 3D latte art juga bisa dikerjakan dengan mesin atau cetakan.


5. Latte art printer




Mesin Printernya
Pasti Agan penasaran dengan inovasi minuman kopi satu ini. Termasuk dalam ranah Latte Art dengan mengandalkan mesin printer sebagai alat pencetak foto di atas kopi. Mesin ini diperkenalkan pertama kali oleh perusahaan minuman kopi dari Taiwan yaitu Let’s Coffee.Kemungkinan mesin ini juga akan menjadi saingan para seniman kopi di seluruh dunia.

0 Response to "Melukis Permukaan Latte Dalam Seni Menyajikan Kopi ( Latte Art )"