HotCopas.net

11 Obat Sakit Gigi Dari Ramuan Tradisional Paling Ampuh

Sakit gigi merupakan salah satu penyakit yang paling menyiksa. Lebih baik sakit hati daripada sakit gigi, begitulah kutipan dari lagu dangdut. Bener gak ya? Hahaha. Nggak hanya menyiksa, sakit gigi juga akan membuat perasaan tidak karu-karuan. Tak jarang, saat sakit gigi kepala menjadi ikut sakit alias pusing, seluruh badan rasanya pegal-pegal semua hingga pikiran tak karuan kemana.

Untuk bisa terhindar dari sakit gigi, usahakan untuk selalu menjaga kebersihan gigi. Usahakan pula untuk selalu sikat gigi dua kali sehari, hindari konsumsi makanan yang memicu gigi berlubang, keropos atau patah. Kalaupun sudah terlanjur sakit gigi, segera obati. Nggak perlu khawatir kita harus konsumsi obat berbahan kimia saat gigi.

Tidak ada yang senang ketika sakit gigi menyerang. Kondisi ini berlangsung dengan gejala nyeri hebat, berdenyut dan ngilu yang mengganggu. Jika sudah parah, nyeri akan berlangsung sepanjang hari. Tapi tenang saja, kamu dapat mengandalkan obat sakit gigi alami untuk mengatasi kondisi ini.

Baca Juga : Cara Membedakan Es Batu Yang Mentah Atau Matang

Semakin lama, nyeri pada gigi bisa terasa semakin berat. Terkadang nyeri hilang timbul dan membuat kamu enggan beraktivitas. Bahkan, nyeri bisa disertai gejala lain seperti demam. Siapapun yang mengalami gejala di atas pasti ingin segera mengobatinya kan?

Untuk itu, sebelum bertambah parah cobalah ketahui beberapa jenis tanaman yang berkhasiat meredakan sakit gigi berikut ini:

1. Bawang Putih


Bawang putih dapat digunakan sebagai bahan obat sakit gigi alami. Kandungan senyawa di dalamnya dapat membunuh bakteri penyebab plak gigi sekaligus meredakan nyeri dan ngilu yang melanda.

Untuk menggunakannya sebagai obat, lembutkan bawang putih dan tambahkan sedikit garam hingga terbentuk pasta. Kemudian tempelkan pasta bawang putih dengan bantuan bola kapas di bagian gigi yang sakit.

Baca Juga : Ciri-Ciri Jajanan Anak Yang Tidak Sehat Ada 4 Macam

2. Cengkeh


Cengkeh mengandung senyawa eugenol yang dapat berfungsi sebagai zat pengurang nyeri alami. Minyak cengkeh banyak digunakan sebagai obat sakit gigi karena mampu mengurangi peradangan pada gusi dan menghilangkan rasa sakit yang timbul.

Cukup oleskan minyak cengkeh pada area yang sakit dengan bantuan bola kapas. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak cengkeh ke dalam segelas air dan menggunakannya sebagai obat kumur. Mudah bukan?

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bau Jengkol Tanpa Mengurangi Kelezatannya

3. Kunyit


Selain untuk mengobati jerawat, kunyit dapat digunakan untuk meredakan rasa nyeri pada gigii. Kunyit mengandung senyawa curcumin yang memiliki banyak khasiat seperti antibakteri, antioksidan, dan antiradang.

Kamu bisa mencampurkan satu sendok teh bubuk kunyit dengan sedikit air. Gosok dan bersihkan gigimu. Setelah itu, oleskan pasta yang terbentuk pada gigi yang sakit. Diamkan pasta selama 15 sampai 20 menit.

Selain cara di atas, kamu bisa mencoba cara lainnya. Campurkan satu sendok teh bubuk kunyit dengan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Gunakan air tersebut sebagai obat kumur. Lakukanlah proses berkumur ini sebanyak dua kali di pagi dan malam hari.

4. Daun Jambu Biji


Daun jambu biji dikenal memiliki khasiat antiradang dan dapat membantu menjaga kesehatan mulut. Sebagai obat sakit gigi tradisional, kunyah daun jambu biji segar atau didihkan daun jambu lalu gunakan airnya sebagai obat kumur.

5. Daun Timi


Selain daun jambu biji, daun timi juga memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang dapat membantu mengobati sakit gigi. Oleskan beberapa tetes minyak daun timi dengan menggunakan bola kapas pada gigi yang terasa berdenyut.

Cara lainnya, tambahkan beberapa tetes minyak daun timi ini ke dalam segelas air. Kemudian, gunakan larutan minyak tersebut sebagai obat kumur.

6. Rumput Gandum


Rumput gandum atau disebut juga wheatgrass dapat digunakan untuk mengurangi infeksi pada gigi dan menyembuhkan peradangan yang terjadi pada gusi. Kandungan klorofil yang tinggi menjadi alasan mengapa tanaman ini mampu mencegah perkembangan bakteri penyebab infeksi gigi.

Sebagai obat, gunakan jus rumput gandum untuk berkumur dua kali sehari yaitu pada pagi dan malam.

7. Larutan Air Garam


Berkumur dengan larutan air garam adalah cara alami yang sudah banyak diterapkan. Cara ini merupakan salah satu pengobatan alami yang efektif untuk meredakan nyeri nyut-nyutan pada gigi.

Larutan air garam dapat berfungsi sebagai antibakteri. Selain itu, larutan garam membantu menyingkirkan sisa-sisa makanan pada gigi berlubang. Larutan ini juga dapat mengurangi kondisi peradangan dan luka di area dalam mulut.

Cara membuatnya sangat mudah. Larutkan setengah sendok teh bubuk garam ke dalam segelas air hangat. Lalu berkumurlah dengan perlahan. Hindari menelan larutan air garam yang kamu gunakan untuk berkumur.

8. Daun Seribu


Tanaman lain yang bisa digunakan sebagai obat sakit gigi alami adalah daun seribu atau nama latinnya Achillea millefolium. Kandungan asam salisilat di dalamnya dipercaya dapat membantu meredakan peradangan pada area mulut.

Kamu bisa memanfaat minyak tanaman daun seribu dan menggosokan atau menempelkannya pada area gigi dan gusi yang sakit. Selain bagian daun, akar tanaman ini juga dapat dikunyah dan dimanfaatkan untuk mengurangi rasa sakit pada gigi. Namun, sebelum mengunyahnya, cucilah terlebih dahulu sampai benar-benar bersih.

9. Lidah Buaya


Selain segudang efeknya untuk kulit dan kecantikan, gel lidah buaya ternyata bisa juga diandalkan sebagai obat sakit gigi alami. Cobalah ambil gel tanaman lidah buaya dan tempelkanlah dengan bantuan kapas pada gigi yang berlubang atau gusi yang terasa berdenyut.

Kamu juga bisa menempelkan gel lidah buaya pada area gusi yang nyeri akibat tumbuhnya gigi geraham bungsu. Sebuah studi menunjukkan efek antibakteri yang ada pada lidah buaya juga mampu membunuh kuman penyebab kerusakan gigi.

10. Daun Mint


Tanaman selanjutnya yang bisa kamu gunakan sebagai obat sakit gigi adalah daun mint. Daun mint atau disebut juga Mentha piperita mengandung berbagai senyawa yang dapat meredakan rasa nyeri gigi dan mengurangi terjadinya peradangan.

Oleskan bola kapas yang telah direndam ekstrak daun mint pada bagian gusi atau gigi berlubang yang terasa berdenyut. Sebagai alternatif, kamu bisa juga membuat teh daun mint dan menjadikannya sebagai obat kumur.

11. Vanili


Jika tanaman yang disebutkan sebelumnya tidak cukup membantu meredakan nyeri gigimu, cobalah gunakan ekstrak vanili! Ekstrak vanili mengandung alkohol yang dapat membantu meredakan rasa sakit. Senyawa antioksidan di dalam ekstrak vanili juga dipercaya dapat menyembuhkan luka dengan efektif.

Oleskan sedikit ekstrak vanili dengan menggunakan bola kapas pada bagian gigi yang nyeri. Lakukan cara ini beberapa kali sampai rasa nyut-nyutan pada gigimu mereda.

Nah, itu dia obat sakit gigi alami yang bisa kamu coba di rumah. Setelah sakit gigimu mereda, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan baik.

Namun, bila nyeri tidak juga mereda atau bahkan muncul gejala tambahan seperti demam dan keluarnya nanah, segera temui dokter gigimu. Dapatkanlah penanganan yang tepat dari ahlinya. Biasanya setelah dokter memeriksa, kamu mungkin dianjurkan juga untuk mengonsumsi obat antinyeri seperti paracetamol, ibuprofen, dan asam mefenamat.

0 Response to "11 Obat Sakit Gigi Dari Ramuan Tradisional Paling Ampuh"