HotCopas.net

Cara Menghilangkan Noda Minyak Membandel Dari Pakaian, Wastafel Dan Kaca


Buat anda yang terbiasa berkutat dengan minyak di dapur pastinya sering sekali mengalami yang namanya noda bekas minyak yang sulit dihilangkan entah itu yang terdapat di pakaian, di kaca, di dinding, di wastafel maupun di lantai. Nah berikut ada aneka trik yang bisa kamu coba untuk menghilangkan aneka noda minyak. Simak yuk penjelasannya.

1. Menghilangkan noda minyak goreng pada pakaian
Cara pertama
Jangan merendam pakaian yang memiliki noda minyak. Noda tersebut akan menyebar pada pakaian lainnya. Oles sabun pencuci piring cair di noda itu. Kemudian cuci pakaian seperti biasanya. Sabun cuci piring ampuh mengusir lemak pada kain. ( Baca Juga : 4 Manfaat Rebung Untuk Kesehatan )

Cara Kedua
Tempatkan pakaian pada permukaan yang datar. Taburkan tepung jagung (maizena) diatas noda sampai seluruhnya menutupi noda. Tepung jagung berfungsi menyerap minyak goreng. Biarkan tepung jagung pada pakaian semalaman, tetelah dibiarkan semalaman lalu sikatlah dengan lembut tepung jagung (maizena) dari pakaian yang terkena minyak goreng tadi. Selanjutnya adalah merendam kain lap dalam air hangat. Peras kelebihan air dan tuangkan sedikit sabun cuci piring keatas lap tersebut. Nah setelahnya usapkan kain lap diatas noda  minya tadi dan gosok dengan lembut dan biarkan sabun mengendap selama satu jam. Setelah satu jam, cuci pakaian seperti biasa.

2. Menghilangkan Noda Minyak dan Lemak di Wastafel
Noda lemak atau noda minyak dapat terlihat di wastafel yang terbuat dari aluminium atau keramik, hal ini sudah pasti karena kita sering memasak dan membuang sisa-sisa memasak di lokasi tersebut. Namun jangan khawatir karena ada cara ampuh menghilangkan noda minyak dan lemak di wastafel. Caranya yaitu dengan mencampur cuka dengan baking soda dan gosok wastafel menyeluruh. Diamkan selama 10 menit. Lalu bersihkan wastafel dengan air mengalir.

3. Menghilangkan Noda Minyak pada Tangan
Nah kalau kena minyak pada tangan pastinya lengkat da merasa tidak nyaman, sebenarnya dengan sabun cuci piring yang mengandung jeruk nipis sudah bisa hilang tetapi jika masih membandel silakan menggunakan alternatif ini yaitu cuci dengan gula. Gula adalah scrub alami yang baik. Campur gula dengan cuka. Gosok tangan Anda selama 2-3 menit. Cuci tangan Anda dengan air hangat. Tangan Anda akan kembali bersih bebas lengket.

4. Menghilangkan Noda Minyak pada Dinding
Untuk menghilangkan noda minyak pada dinding tentunya menjadi saah satu pekerjaan yang menjengkelkan karena akan merusak lapisan cat pada dinding tembok, tapi biasanya sekarang ini untuk dapur di sekitar tempat masak akan di lapisi keramik. Pertama-tama, gunakan kertas tisu untuk menyerap sebagian besar minyak di tembok. Kemudian celupkan spons dalam cuka dan bersihkan di dinding berminyak. Langkah terakhir taburi bubuk kapur agar noda minyak benar-benar hilang.

5. Menghilangkan Noda Minyak pada Lantai
Biasanya minyak akan banyak yang jatuh di lantai ketika menggoreng, jika di biarkan sangat berbahaya karena lantai akan sangat licin dan berpotensi menyebabkan anda terpeleset. Jika menemukan lantai anda terkena minyak goreng segera lakukan hal berikut :

Ambil baking soda, cuka dan larutan pembersih lantai. Tuangkan ketiganya dan campur bersama-sama, pastikan ketiga larutan tadi benar benar sudah tercampur sempurna. Selanjutnya anda bisa menyapukan pada lantai yang berminyak tadi, mungkin lebih seperti mengepel bagian yang terkena minyak tadi yaa. Lalu diamkan beberapa saat kira-kira selama 5 menit, langkah terakhir yaitu mencelupkan kain pel di air hangat untuk menghapus sisa noda.

6. Menghilangkan Noda Minyak pada Kaca
Selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara menghilangkan noda minyak atau lemak di kaca/cermin, masih menggunakan bahan yang sama yaitu baking soda. Caranya dengan mencampurkan dua sendok makan baking soda dengan 1/2 cangkir air. Terapkan ini cairan ini pada kaca yang berminyak. Terakhir celupkan spons dalam air hangat dan menghapus noda.

0 Response to "Cara Menghilangkan Noda Minyak Membandel Dari Pakaian, Wastafel Dan Kaca"