HotCopas.net

Dengan Membersihkan Karang Gigi Akan Menghasilkan Senyuman Indah


Penelitian menyebutkan bahwa bakteri pada penyakit gusi bisa berhubungan dengan penyakit jantung. Oleh sebab itu, penting sekali untuk membersihkannya secara teratur. Agar tak salah langkah, cari tahu cara membersihkan karang gigi yang tepat

Karang gigi terbentuk dari plak yang menumpuk dan mengeras. Plak sendiri merupakan lapisan lengket pada gigi karena banyaknya penumpukan bakteri. Bakteri tersebut bisa merusak lapisan enamel gigi dan menyebabkannya berlubang.

Plak dapat bergabung dengan mineral yang terdapat dalam air liur untuk membentuk lapisan keras. Lapisan inilah yang disebut karang gigi. Kemunculannya bisa di atas atau bawah garis gusi.

Baca Juga : Menekan Jari Telunjuk Memberi Efek Sehat Terhadap Organ Tubuh

Bahayanya, karang gigi akan menjadi sarang berkembangnya bakteri yang mengakibatkan kerusakan gigi. Karang ini juga berdampak buruk pada kondisi gusi. Hingga berisiko terkena penyakit gusi, seperti gingivitis dan periodontitis. Tidak ingin seperti itu? Begini caranya.

Bersihkan Karang Gigi dengan Scaling
Scaling biasanya akan dilakukan oleh dokter sebagai cara membersihkan karang gigi. Langkah ini membutuhkan keterampilan dari tenaga profesional.

Sebelum membersihkannya, dokter akan memeriksa kondisi mulut secara menyeluruh. Jika terdapat masalah pada gigi atau gusi (misalnya, terdapat radang di gusi), dokter harus mempertimbangkan apakah proses ini bisa dilakukan atau tidak.

Alat yang digunakan disebut scaler. Umumnya, selama proses scaling, kamu tidak akan merasakan sakit. Mungkin hanya sedikit tidak nyaman.

Setelahnya, gigi akan disikat menggunakan sikat elektrik berkekuatan tinggi dan pasta gigi tertentu. Langkah ini akan membersihkan gigi dari sisa karang yang ditinggalkan oleh scaler.

Tahap berikutnya adalah pembersihan dengan benang gigi (dental floss). Prosedur ini akan memberantas sisa karang gigi sekaligus odol yang menempel di sela-sela gigi.

Pada akhir pembersihan, dokter atau petugas medis akan memintamu berkumur dengan cairan fluoride. Tahap terakhir ini akan membersihkan mulut dari rontokan karang gigi.

Baca Juga : Manfaatkan Lubang Hidung Anda Ketika Merasa Lelah Dan Sering Sakit Kepala

Berantas Plak Sebelum Menjadi Karang Gigi
Salah satu cara untuk dipercaya bisa membersihkan plak adalah dengan pasta gigi yang mengandung baking soda. Cara ini dianggap efektif karena baking soda memang berfungsi sebagai bahan pembersih.

Cara alami lain yang mungkin bisa memberantas plak adalah berkumur dengan 1 sendok makan minyak kelapa atau zaitun selama 20-30 menit. Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa dipercaya dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri.

Namun harap diingat bahwa baking soda dan minyak kelapa mungkin hanya dapat membersihkan plak pada gigi. Jika plak sudah menjadi karang gigi, dibutuhkan bantuan dokter untuk memberantasnya hingga benar-benar bersih.


Upaya Mencegah Karang Gigi
Cara menghilangkan karang gigi yang terbaik memang hanya dengan scaling. Tapi jangan berkecil hati dulu. Karang gigi bisa dicegah dengan beragam cara. Berikut cara-cara sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah:
  • Sikat gigi 2 kali dalam sehari. Cukup sikat gigimu selama 2 menit agar enamel tidak hilang atau terkikis. Pastikan menyikat hingga bagian yang sulit diraih.
  • Sebaiknya gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Bahan ini akan melawan bakteri penyebab plak.
  • Memakai benang gigi tiap selesai menyikat gigi. Cara ini akan membantu membersihkan bagian yang sulit diraih dengan sikat.
  • Berkumur dengan obat kumur yang mengandung antiseptik yang membantu membunuh bakteri.
Jika ingin tahu apakah plak penyebab karang gigi sudah terbentuk atau belum, kamu bisa mencoba cara mudah ini. Kamu hanya perlu mengunyah 1 tablet khusus yang akan memberikan warna merah pada plak sehingga akan terlihat dan bisa segera diatasi.

Cara membersihkan karang gigi dengan scaling tidak menyakiti gigi atau gusi. Jadi, kamu tidak perlu takut untuk menjadwalkannya ke dokter gigi. Jangan lupa untuk selalu memeriksakan kesehatan gigi dan mulutmu ke dokter tiap 6 bulan sekali.

0 Response to "Dengan Membersihkan Karang Gigi Akan Menghasilkan Senyuman Indah"